Jaga Kesehatan Demi Program Hamil Lancar

[Lomba Blog]
Jauh sebelum saya memiliki dua balita dengan jarak usia berdekatan cukup lama hampir 5 tahun saya melewati masa penantian hadirnya buah hati dalam pernikahan saya dengan suami. Saya sudah terlalu jengah dengan pertanyaan “kapan hamil?” atau “kenapa nggak hamil-hamil?”.

Seru-Seruan Foto ala Ibu Hamil Menggunakan Poster Komunitas AIH dengan Logo Lama

Berbagai cara saya lakukan demi keberhasilan saya mendapatkan hasil positif di tespek saya. Sayangnya mungkin cara saya sedikit salah, karena saya melakukan segala cara program hamil tak pernah sampai selesai. Ibarat daun saya selalu terbang kesana kemari mengikuti kemana saja arah angin yang berhembus. Ketika ada teman berhasil hamil dengan produk A saya buru-buru menggunakan produk A, begitu juga ketika tiba-tiba tak lama setelah itu ada teman berhasil menggunakan produk B saya langsung tiba-tiba menggunakan produk B. Kalo kata orang saya nggak tuma’ninah alias nggak fokus.

Hingga suatu ketika salah seorang sahabat saya Reggie yang merupakan owner dari komunitas Aku Ingin Hamil (AIH) memberi nasehat kepada saya bahwa untuk hamil mau tak mau saya harus mulai menjaga pola hidup saya.

Tak dipungkiri beberapa kali saya sering mengalami badan kurang fit yang tanpa sadar hal tersebut mungkin bisa berpengaruh dalam menurunkan kualitas kesehatan tubuh saya termasuk kesehatan rahim saya yang nantinya akan berperan sebagai rumah bagi janin yang saya kandung. Begitu juga dengan suami yang beberapa kali badannya merasa drop kurang fit karena kesibukan pekerjaannya.

Untuk saya dan suami kondisi kurang fit tentu mempengaruhi kualitas program hamil kami. Selain perasaan kurang nyaman karena kondisi badan yang drop terutama berpengaruh pada jadwal masa subur saya, juga dapat mempengaruhi faktor kelelahan. Boro-boro mau mikirin jadwal masa subur, mikir badan sakit semua aja udah bikin males ngapa-ngapain. Bawaannya pokoknya pengen tidur aja karena males tak bertenaga alias nggak ada gariah. Meski terkadang tau saat itu jadwal masa subur tapi kalo badan lagi nggak fit suka bikin mood jadi down.

Dari situ saya mulai mencari tips menjaga pola hidup sehat demi melancarkan program hamil, diantaranya :

  • Mulai menjaga asupan makanan, dengan mengurangi makanan junk food, soft drink, serta rutin berolah raga. Olah raga pilihan saya saat itu berenang dan senam Body Language alasannya dari beberapa info yang saya dapat dengan senam BL membantu melancarkan aliran darah ke bagian rahim.
  • Meminimalisir hal-hal yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan sperma suami, misalnya dengan tidak menyimpan hp didalam saku celana, tidak menggunakan celana dalam berwarna gelap karena konon katanya celana gelap menyerap panas sehingga bisa menyebabkan kualitas sperma sehat menurun.
  • Mengurangi pemakaian peralatan dapur anti lengket. Seperti yang saya baca lapisan anti lengket ternyata dapat berdampak pada menurunnya kualitas sperma. Padahal saat itu panci rice cooker saya termasuk kriteria anti lengket, begitu juga wajan penggorengan saya yang anti lengket.
  • Berusaha meghindari kebiasaan bulimia saya. Yap seperti yang pernah saya ceritakan di artikel Jangan Paksa Aku Jadi Balita Gemuk saya mengalami bulimia sejak SD. Jujur selama ini saya obsesi langsing tanpa memikirkan faktor kesehatan saya. Padahal setelah saya pikir-pikir bisa jadi bulimia ini menjadi salah satu pemicu kegagalan program hamil saya. Logikanya dengan saya melogok-logok makanan agar keluar dari lambung saya setidaknya saya sudah membuat suplai nutrisi didalam tubuh saya menjadi kacau. Hal ini tentunya berseberangan dengan niat awal saya untuk menjaga keseimbangan suplai nutrisi dalam tubuh saya agar rahim saya mendapat nutrisi yang seimbang.
  • Berusaha untuk menjaga asupan halal yang masuk kedalam tubuh kita. Bagaimanapun sejak kecil orang tua saya selalu menanamkan bahwa segala hal yang dilarang oleh agama pasti memiliki efek negatif untuk tubuh kita. Begitu juga makanan yang diharamkan oleh agama kita pasti memiliki efek negatif untuk kesehatan kita.
  • Mulai mencari suplemen yang kira-kira bisa mendukung asupan vitamin dan mineral dalam tubuh saya untuk meningkatkan kualitas kesehatan saya dan suami.

Hampir semua produk multivitamin yang beredar dipasaran berlomba-lomba melengkapi kandungan vitamin dan mineralnya. Salah satunya multivitamin Theragran-M yang setelah saya baca komposisinya termasuk lengkap karena memiliki vitamin dan mineral penting untuk masa pemulihan kesehatan.

Seperti yang saya baca komposisi dari Theragran M ini diantaranya,

  • Mengandung Vitamin : 

– Vitamin A
– Vitamin D
– Vitamin B1
– Vitamin B2
– Vitamin B6
– Vitamin B12
– Niasinamida
– Kalsium Pantotenat
– Vitamin C
– Vitamin E

  • Mengandung Mineral :

– Iodium
– Besi
– Tembaga II
– Mangan II
– Magnesium
– Zink (Seng)

Keterangan komposisi (kandungan) vitamin dan mineral Theragran-M bisa dilihat pada gambar berikut.

Dari komposisi yang saya baca, menurut saya Theragran-M ini termasuk salah satu multivitamin yang bagus untuk menjaga kesehatan selama program hamil. Terutama untuk kasus saya, Theragran-M ini merupakan Vitamin yang bagus untuk Masa Pemulihan karena bisa membantu menyeimbangkan vitamin maupun mineral yang hilang akibat kebiasaan bulimia parah saya sejak duduk di bangku SMP.

Sekedar cerita singkat, bulimia yang pernah saya alami merupakan kebiasaan saya memuntahkan makanan dengan sengaja (biasanya dengan memasukkan jari kedalam tenggorokkan) karena merasa bersalah bahkan menyesal setelah makan. Beberapa sumber yang pernah saya baca mengatakan bulimia merupakan salah satu penyakit psikis yang disebabkan obsesi langsing seseorang. Tentang pengalaman bulimia ini sebenarnya pernah saya ceritakan sebelumnya di Mama Jangan Paksa Aku Jadi Balita Gemuk. Tak dipungkiri kebiasaan buruk saya tersebut berlangsung bertahun-tahun, sehingga mau tak mau saya yakin bahwa bulimia juga turut berperan dalam tertundanya harapan saya dan suami untuk segera memiliki buah hati.

Begitu juga untuk suami yang sering merasa drop kurang fit karena kesibukan pekerjaannya. Suami saya mengakui jika kondisinya sedang kurang fit biasanya ditandai dengan tenggorokan gatal, bersin-bersin, meriang maka dia harus segera membooster kesehatannya. Theragran-M sebagai salah satu Vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan juga pernah saya sarankan kepada suami ketika merasa sedang kurang sehat. Agar kesehatannya segera pulih dan tidak semakin drop sehingga tidak mengganggu aktivitas pekerjaannya, dan tentunya tidak mengacaukan rencana program hamil kami. Jangan sampai masa subur terlewat karena kondisi salah satu diantara kami sedang sakit.

Sebagai tambahan sedikit share pengalaman saya lainnya tentang Theragran-M ini. Beberapa waktu lalu ketika kondisi badan saya sempat drop, diagnosa dokter mengatakan saya terkena thypus. Menurut yang saya baca thypus ini penyembuhannya agak lama dan bisa berulang kalo kita tidak menjaga kesehatan dan pola makan kita. Meski sudah dinyatakan sehat beberapa waktu lalu saya juga sempat merasa drop kembali mungkin karena faktor kelelahan, sehingga saya buru-buru mengkonsumsi multivitamin Theragran-M ini (sehari cukup minum 1 tablet) dan istirahat serta makan cukup. Amazingnya setelah sebelumnya merasa flu berat, keesokan harinya saya merasa sehat kembali. Wah keren juga nih vitamin menurut saya. Ngiklan ini kayaknya ya…

Nunggu Antri Dokter Sambil Minum Suplemen Vitamin (Udah berasa kayak ngiklan aja photonya).

Nggak… asli kalo ini sih sesuai pengalaman aja. Ngapain ngiklan secara Theragran-M nya saya beli sendiri di apotek dekat rumah dengan harga sekitar Rp. 18.000,- sekian *lupa tepatnya soalnya beli nya pas buru-buru >,<
Pokoknya pas itu niat belinya cari Vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit dan Vitamin yang bagus untuk Masa Penyembuhan.

Kerennya lagi Theragran-M ini mengandung vitamin B kompleks, dimana seperti yang saya tahu vitamin B kompleks ini juga membantu melancarkan aliran darah. Tak hanya membantu mengurangi rasa capek atau lelah setelah sakit, vitamin B kompleks juga bisa bermanfaat untuk membantu melancarkan aliran darah yang membawa suplay nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkan.

Selain itu ada hal yang sebenarnya nggak sepele tapi sering kita lupakan ketika memilih multivitamin, yaitu faktor kehalalan. Setelah saya perhatikan ternyata Theragran M ini sudah memiliki logo halal dari MUI. Menurut saya tak semua multivitamin berani mencantumkan logo halal dikemasannya. Hal ini tentu melegakan bagi semua muslim yang ingin menjaga kesehatannya dengan tanpa ragu akan status kehalalan dari vitamin yang akan dikonsumsinya.

Dari beberapa pengalaman tersebut saya mengambil sedikit kesimpulan, bahwa keberhasilan program hamil juga harus didukung oleh faktor kesehatan tubuh kita. Bagaimana pun kesehatan tubuh juga berpengaruh dalam menjaga asupan nutrisi yang disampaikan kepada organ reproduksi kita. Untuk menjaga tubuh kita sehat paling tidak kita harus merubah pola hidup sehat. Seperti saya yang saat itu termasuk kategori obes maka sebenarnya bukan goal “kurus”. Kurus langsing itu bonus yang utama tetap jangan lupakan menjaga pola hidup sehat, sehingga jangan pernah terpikir langsing dengan jalan instan yang tidak sehat seperti bulimia.

Disclaimer : “Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho.”

48 comments
  1. Sama2 mas 😉
    Dari info yg saya kumpulkan waktu promil gitu sih mas. Tapi nggak semua. Cuman memang yang aman untuk promil memang yang harga nya lumayan bikin meringis. Masuk akal sih karna dari segi bahannya yang memang mengutamakan kesehatan

  2. Ooo..ternyata mbak yang kesundulan ternyata juga lama harus nunggu momongan. Saya dulu cuman setengah tahun belum hamil saja juga 'digempur' pertanyaan kapan, udah hamil belum, sengaja nunda atau gimana, kok belum hamil juga kenapa. Nggak kebayang dengan mereka yang harus nunggu tahunan bahkan belasan. Buat yang nunggu semoga lekas diamanahi ya. Amiin.

  3. Mba Vety, lucu kata2 yg di dlm pict terakhir hihiii
    Aku doain yaa mba 🙂
    Sekitar segitu ya harganya, tapi lebih murah mba vety… Khasiatnya enak bobo 😀 mnurutku, yaahh jadi suka bablas ngeblog

  4. eh tadi aku sudah kasih komen belum ya? Kasih lagi deh gpp :D. Yg penting itu sehat, Mbak, baik kurus atau gemuk, soalnya kurus atau gemuk itu sering sudah dari sononya 🙂

  5. Boleh mbak 😉
    Namun menurut saya selama temannya tidak bertanya atau tidak meminta saran tentang program hamil sebaiknya jangan dulu mbak, kuatirnya nanti jadi sensitif. Karena kita juga nggak tau usaha apa saja yang sudah dilakukan oleh teman mbak mindy tersebut. Bisa jadi sharing saya ini belum ada apa2nya dibanding usaha yang mungkin sudah dilakukan oleh teman mbak Mindy 🙂

  6. toss mbak. Rasanya menanti kehamilan sembari ditanya "kapan hamil" tiap hari itu udah kayak apa gitu. Sampe dulu phobia kayaknya kalo ketemu sama orang yang nanya kapan hamil…hehehe

  7. Hhaa kalau kurang fokus itu bisa di anggap bener lhoo mba padahal cuma poster 😀

    wahh banyak vitamin-vitamin yang terkandung dalam THERAGRAN-M multivitamin-mineral tersebut ya mba..

  8. bener banget mba.. katanya agar bisa menghamili dan dihamili hihii, kedua2nya harus dalam kondisi fit ya. makanya yang lagi program hamil harus serius menjaga kesehatan. suka artikelnya mba.. 🙂

  9. Aku juga udah minum Theragran-M ini,dan terbukti tubuhku jadi lebih sehat. Bahkan walaupun dalam keadaan sehat pun bisa tetap di konsumsi karena ini bukan obat

  10. Mbak, aku ngakak deh baca infografisyang terakhir itu 🙂 pengalaman pribadi banget ya 🙂 serius itu mbak, penggorengan anti lengket dan CD warna gelap *googling*. TFS ya, btw theragran emang ampuh dah buat bikin ga drop, me too^^

  11. iya mbak. untuk cd gelap ini katanya ikut teori fisika yang gelap menyerap panas. hehe iya pengalaman pribadi banget, sampe dulu tiap acara nyari daleman penjaga toko suka heran nanya 😂 secara dalaman untuk cowok yg paling best seller malah berwarna gelap

  12. lebih kepada untuk menjaga kesehatan, recovery kesehatan dengan cepat agar tidak mengganggu program hamil yang sedang berlangsung 😉

    namun menurut teman saya yang di apotek ada juga dokter yang meresepkan theragran ini sbg multivitamin yang mensupport program hamil yang sedang berlangsung.

    amin semoga lancar ya mbak promilnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like